10 Universitas Terbaik Di Indonesia Tahun 2024

Unipma Dari sudut pandang pendidikan, hal ini tentunya harus dipertimbangkan dengan matang. Tinggal bagaimana memilih universitas. Kualitas kampus harus diverifikasi terlebih dahulu sebelum melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Dengan banyaknya perguruan tinggi dan universitas, terkadang membingungkan untuk mencari dan memilih kampus impian Anda.

Namun kini tidak perlu khawatir karena terdapat sistem pemeringkatan yang secara berkala mencantumkan universitas-universitas terbaik di dunia setiap tahunnya, termasuk Indonesia. Ini termasuk Webometrics, Times Higher Education (THE) dan Quacquarelli Symonds (QS).

Pengklasifikasiannya tentu saja tidak sembarangan, melainkan berdasarkan parameter yang berbeda-beda sesuai regulasi masing-masing institusi. Indikator yang dibahas adalah lingkungan belajar, visibilitas, estetika, referensi dan reputasi akademik.

10 Daftar Universitas Terbaik Di Indonesia

Berdasarkan dari laman webometrics ada banyak universitas terbaik di Indonesia ini, maka simak penjelasan universitas terbaik di Indonesia sebagai berikut : 

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia ini berada di posisi pertama sebagai kampus terbaik di Indonesia dan berada di posisi ke 537 untuk peringkat di Dunia.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas gadjah mada ini berada di posisi kedua sebagai kampus terbaik di Indonesia dan berada di posisi ke 667 untuk peringkat di Dunia.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut teknologi Bandung ini berada di posisi ketiga sebagai kampus terbaik di Indonesia dan berada di posisi ke 752 untuk peringkat di Dunia.

Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya ini berada di posisi keempat sebagai kampus terbaik di Indonesia dan berada di posisi ke 780 untuk peringkat di Dunia.

Universitas Airlangga (Unair)

Universitas airlangga ini berada di posisi kelima sebagai kampus terbaik di Indonesia dan berada di posisi ke 830 untuk peringkat di Dunia.

IPB University

IPB University ini berada di posisi keenam sebagai kampus terbaik di Indonesia dan berada di posisi ke 892 untuk peringkat di Dunia.

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas sebelas Maret ini berada di posisi ketujuh sebagai kampus terbaik di Indonesia dan berada di posisi ke 1026 untuk peringkat di Dunia.

Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas diponegoro ini berada di posisi kedelapan sebagai kampus terbaik di Indonesia dan berada di posisi ke 1090 untuk peringkat di Dunia.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut teknologi sepuluh nopember ini berada di posisi kesembilan sebagai kampus terbaik di Indonesia dan berada di posisi ke 1114 untuk peringkat di Dunia.

Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas pendidikan Indonesia ini berada di posisi kesepuluh sebagai kampus terbaik di Indonesia dan berada di posisi ke 1116 untuk peringkat di Dunia.

Sekian informasi tentang 10 Besar Kampus Terbaik Di Indonesia dan peringkatnya di Dunia, semoga bermanfaat buat kalian yang ingin kuliah di kampus terbaik di Indonesia ini, terimakasih.